Rabu, 27 Maret 2013

Mata Lelah & Tambah Minus karena SeringMantengin Layar Komputer


Gaya Hidup Sehat di KantorJakarta, Untuk pekerja kantoran, mantengin layar komputer sudah menjadi 'santapan' sehari-hari. Meski tak sehat, risiko ini harus dijalani demi profesionalisme kerja. Mata lelah dan tambah minus pun dianggap hal biasa.

Mata lelah kerap dikeluhkan oleh orang yang sehari-hari bekerja di belakang meja dan harus menghadapi layar komputer. Otot mata menjadi cepat lelah karena bekerja untuk memfokuskan benda agar bisa terlihat dengan jelas. 

"Karena terfokus, makanya jadi capek. Kalau terlalu lama, otot juga akan mengalami kelelahan, seperti tangan jika mengangkat beban terlalu lama juga akan mengalami kelelahan otot," jelas Dr. Surya Utama, SpM, Spesialis Mata dari Eka Hospital Pekanbaru, saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis Rabu (27/3/2013).

Dr Surya menjelaskan mata lelah biasanya dicirikan dengan kemerahan, berair, sakit di sekitar alis mata yang lama-lama akan menyebabkan sakit kepala. Selain mata lelah, terlalu lama di depan komputer juga berpotensi menambah minus pada mata. Kondisi ini biasanya terjadi karena penggunaan mata yang terlalu lama sehingga dapat mengubah bentuk bola mata, yang akhirnya menyebabkan kenaikan minus. Mata minus juga bisa terjadi akibat menatap satu objek terlalu lama, seperti membaca.

Sayangnya, melihat layar komputer tak bisa dihindari bagi pekerja kantoran. Solusinya, ada beberapa tips yang diberikan Dr Surya untuk mengurangi masalah kesehatan tersebut, yaitu:

1. Hindari fokus terlalu lama. Istirahatkan mata setiap satu jam, alihkan pandangan pada pandangan yang jauh, kalau bisa mengalihkan pada yang hijau-hijau untuk memberi stimulus pada saraf. Usahakan lebih sering berkedip saat memandang jarak jauh karena mata seharusnya tetap basah.

2. Atur kontras cahaya pada komputer. Sedikit disetel supaya layar agak redup sehingga tidak terlalu silau yang dapat membuat mata cepat lelah.

3. Pastikan penerangan cukup. Berbeda dengan menonton bioskop yang harus gelap, fokus untuk membaca atau bekerja di depan laptop harus didukung dengan cahaya yang cukup.

4. Perhatikan posisi duduk dan kepala. Posisi kepala tidak boleh terlalu menunduk atau mendongak ke atas. Sudut elevasinya berkisar 15 derajat dari mata, tetapi lebih baik sejajar dengan jarak pandang. 

"Untuk diketahui, yang dikatakan radiasi dari komputer itu tidak benar dan tidak ada jadi tidak perlu ditakuti jika bekerja terlalu lama di depan komputer," tutup Dr Surya.

Tidak ada komentar: