Rabu, 27 Maret 2013

Kantor Ber-AC Memang Enak, Tapi Risikonya Kulit Kering & Mudah Pilek


Jakarta, Bekerja di tempat ber-AC tentu menyenangkan, apalagi di negara tropis seperti Indonesia yang cenderung panas. Di sisi lain, bekerja di tempat yang dilengkapi AC ternyata memiliki konsekuensi negatif bagi kesehatan, yaitu kulit jadi kering dan mudah pilek.

"Ruang ber-AC yang sedang nyala sebenarnya hampir sekering padang pasir. Ini terjadi karena AC biasanya menarik kelembaban dari suatu ruangan. Dengan demikian, AC mengurangi kelembaban kulit dan menyebabkan kulit terasa kering dan teregang. Hal ini sangat terasa bagi mereka yang memiliki kulit kering," kata dr Phaidon L. Toruan praktisi hidup sehat kepada detikHealth seperti ditulis Rabu (27/3/2013).

Kondisi kulit kering ini makin memburuk ketika keluar dari ruang ber-AC yang kering ke kondisi yang lingkungan yang panas. Pergeseran tiba-tiba dari suasana yang ekstrim ini menyebabkan tubuh mengalami stress. Belum lagi polusi, perubahan cuaca, dan kebiasaan makanan seperti gula yang memudahkan terjadinya kulit keriput.

Tak hanya kulit kering, ruangan ber-AC juga bisa membuat rentan tertular pilek atau flu. Walau penyakit ini tidak secara langsung disebabkan oleh AC, faktanya tubuh bisa terserang flu apabila sistem kekebalannya berkurang. Salah satunya karena kondisi tubuh yang berada dalam lingkungan ber-AC.

"AC tidak menyebabkan flu, tapi memudahkan kondisi terjadinya flu karena cenderung mengeringkan membran mukosa di tenggorokan dan mulut yang membuatnya lebih mudah terserang virus. Selain itu, AC yang kotor juga merangsang terjadinya reaksi alergi yang menyebabkan bersin dan pilek," terang dr Phaidon.

Lebih lanjut lagi, dr Phaidon menegaskan bahwa ruangan ber-AC memang meningkatkan risiko terkena pilek. Penyebabnya karena suasana yang dingin menyebabkan sirkulasi darah melambat. Akibatnya, sel darah putih jadi lebih lambat bersirkulasi. Apabila ditambah kebiasaan makan yang buruk, sistem imun akan menurun sehingga rentan pilek.

Untuk terhindar dari efek buruk AC, dr Phaidon memberikan beberapa tips yaitu:
- Kurangi paparan AC sedapat mungkin saat berada di luar kantor. Nyalakan AC hanya pada saat cuaca panas.
- Batasi penggunaan sabun dan air di area kulit yang mudah kering.
- Gunakan lotion yang kaya akan pelembab pada wajah, leher atau area tubuh yang dianggap penting. Lotion bersifat 'waterbase' dan menambah kelembaban kulit.
- Selalu jaga kebersihan AC sehingga risiko alergi berkurang
- Apabila ada kawan yang menderita flu, sebaiknya tutup hidup agar virus tidak ikut bersirkulasi. Akan lebih baik kalau dia beristirahat
- Konsumsi nutrisi yang membantu sistem kekebalan tubuh, seperti vitamin C, baik dalam bentuk buah atau suplememen.

Tidak ada komentar: