Rabu, 27 Maret 2013

Awas, Asal Minum Suplemen Peningkat Stamina Bikin Ginjal Soak



Jakarta, Agar tetap semangat bekerja, ada kalanya diperlukan konsumsi suplemen penambah stamina. Namun minum sembarang suplemen bisa berisiko juga. Bukannya badan yang jadi tambah bugar, salah-salah malah membikin badan jadi terkapar.

"Suplemen boleh dikonsumsi setelah sarapan. Tetapi suplemen tersebut dipastikan tidak berlebihan dosisnya. Sangat disarankan untuk vitamin B complex dan vitamin C. Dosis kalau bisa 500 mg paling banyak," kata dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, pakar diet dari RS Pusat Pertamina kepada detikHealth seperti ditulis pada Rabu (27/3/2013).

Produk suplemen yang beredar di pasaran kini makin banyak pilihan, mulai yang legal sampai ilegal, dari yang herbal hingga yang keluaran pabrik dan diperkaya bahan kimia. Asal meminum suplemen bisa mengakibatkan efek samping yang tak diinginkan.

Suplemen yang sering digunakan adalah suplemen vitamin, zat besi, minyak ikan, anti oksidan dan berbagai suplemen herbal dengan kandungan tanaman obat atau algae. Seperti namanya, suplemen sebaiknya digunakan sebagai pelengkap saja, tidak untuk digunakan mengganti sumber makanan pokok.

"Kalau terlalu tinggi dosisnya bisa menyebabkan pengkristalan di ginjal, perih lambung. Karena ada beberapa vitamin yang tidak larut dalam urine," terang dr Titi.

Nutrisi yang diperoleh tubuh sebenarnya sudah dapat dipenuhi dengan asupan makanan sehari-hari. Memang ada kalanya asupan gizi kurang berimbang, sehingga yang perlu dilakukan adalah menambah variasi makanan agar memenuhi semua kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh.

Tidak ada komentar: